BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring
dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, masyarakat semakin teliti
dalam membeli sesuatu. Dengan perkembangan zaman dalam dalam berbagai bidang,
kuliner merupakan satu diantara banyaknya perkembangan yang ada. Dahulu, dalam
memilih makanan, masyarakat tentu mengutamakan rasa dan harga. Namun, seiring
berjalannya waktu, makanan menjadi sesuatu yang identik dengan tampilan.
Makanan
dengan tampilan yang unik, saat ini sedang menjadi trend baru di kalangan
masyarakat, terutama anak muda. Tampilan yang unik pada makanan tersebut, tak
jarang digunakan para kaula muda untuk diabadikan pada ponsel mereka dan
mengunduh ke akun instagram pribadi mereka. Akan tetapi, bukan hanya tampilan
unik yang dicari oleh masyarakat saat ini, rasa juga menjadi pertimbangan bagi
mereka. Namun, mereka tidak terlalu memikirkan soal harga. Bahkan, kalangan
menengah kebawah pun turut serta dalam perkembangan zaman di bidang kuliner
ini.
Berdasarkan
fenomena tersebut, maka sangat cocok dan potensial bila saya mendirikan usaha
di bidang kuliner. Bidang kuliner yang akan saya tekuni adalah cemilan, yaitu
pie susu. Dalam usaha ini, saya menawarkan beberapa varian rasa. Dalam hal rasa, dapat
dipastikan enak, unik
serta harga yang terjangkau.
1.2 Visi
1.
Terkenal
dalam bidang kuliner dengan cita rasa yang enak, unik, serta harga terjangkau
2.
Terkenal
dengan pie susu dengan banyak rasa
3.
Menjual
pie susu dengan kualitas, nutrisi dan gizi yang baik
4.
Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya
5.
Memberi
pelayanan terbaik dalam pemesanan
1.3 Misi
1.
Mewujudkan
pelayanan terbaik kepada pembeli
2.
Mewujudkan
pie susu dengan
berbagai rasa yang enak
3.
Mewujudkan
pie susu yang
mengandung nutrisi dan gizi
4.
Mewujudkan
kualitas pie susu
yang baik
5.
Berinovasi
dalam menciptakan menu-menu yang unik dan menarik
1.4 Tujuan Usaha
Menjadi
satu diantara banyaknya usaha kuliner yang sukses di Jakarta dan mendapat omzet
tinggi sehingga dapat membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia, serta
membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.
1.5 Sasaran Pasar
Sasaran
pasar saya adalah masyarakat pecinta cemilan manis yang meliputi anak-anak, remaja,
dewasa maupun orang tua.
BAB
II
RINGKASAN
BISNIS
2.1 Profil Usaha
Nama
Usaha : Pie Susu
Aneka Rasa
Jenis
Usaha : Kuliner
Alamat
Usaha : Berjualan
secara online melalui instagram dan pemesanan melalui line/bbm/sms
No. Telepon : 08098999999
2.2 Gambaran Awal Usaha
Usaha
ini merupakan pengalaman pertama saya dalam berbisnis, untuk modal awal saya
menggunakan sebagian tabungan
pribadi, meminta bantuan kepada orang tua, keluarga dan teman.
2.3 Gambaran Produk
Produk pie
susu yang saya
tawarkan, berbeda dengan pie susu
pada umumnya. Pie susu
yang saya tawarkan sudah melalui beberapa inovasi dari ide-ide kreatif saya
maupun kerabat dekat saya. Pie susu yang saya jual menawarkan beberapa rasa, yaitu
original (vanilla), coklat, keju, durian, strawberry, dan blueberry cheese.
Pembeli dapat mencampur aneka rasa sesuai keinginan, dengan minimal pembelian 4
buah. Produk yang saya jual sudah teruji kelayakan oleh BPOM dan sudah diuji
kehalalannya oleh MUI. Selain itu, pie susu ini dibuat oleh saya sendiri di
rumah, namun hanya dapat bertahan selama dua minggu dalam suhu ruangan karena
tidak menggunakan bahan pengawet.
2.4 Gambaran Penjualan
Dalam
pelaksanaan usaha ini, saya akan menjual produk ini secara
online yaitu melalui instagram,
dimana media sosial
tersebut selalu ramai
dikunjungi berbagai kalangan terutama anak remaja dan pekerja kantoran. Dalam
penjualan saya nanti, saya telah mempersiapkan beberapa trik untuk menarik
minat para pembeli.
BAB
III
ANALISIS
SWOT
3.1 Strength (Kekuatan)
1.
Mempunyai
ciri khas yang berbeda, pie susu dengan aneka rasa dan tanpa bahan pengawet
2.
Terpublikasi
dalam media sosial sehingga jangkauan lebih luas
3.
Ada harga special untuk pembelian dalam jumlah banyak
4.
Rasa
yang enak dengan harga terjangkau
5.
Bahan
yang digunakan tidak menggunakan pengawet sehingga aman dari bahan kimia
6.
Packaging dilapisi dengan kayu sehingga tidak perlu
khawatir pie susu akan hancur
3.2 Weakness (Kelemahan)
1.
Produknya
mudah ditiru
2.
Produk
tidak tahan lama
3.
Tidak memiliki offline store
3.3 Opportunity (Peluang)
1.
Budaya
masyarakat yang konsumtif
2.
Dapat
dinikmati berbagai kalangan dan usia
3.
Informasi dari pembeli kepada rekannya
BAB IV
PERENCANAAN KEUANGAN
4.1 Biaya Tetap (Fix Cost)
1.
Peralatan
memasak :
Rp. 400.000
2.
Gas :
Rp. 300.000
3.
Penggunaan
internet :
Rp. 200.000
Total : Rp. 900.000
4.2 Biaya Variabel (Variable
Cost)
A.
Bahan
baku :
1.
Tepung
terigu 20kg : Rp.
140.000
2.
Mentega
10kg :
Rp. 50.000
3.
Telur
15kg : Rp.
150.000
4.
Gula pasir :
Rp. 40.000
5.
Garam :
Rp. 10.000
Total : Rp. 390.000
B.
Bahan
pendukung :
1.
Tepung jagung/maizena : Rp. 30.000
2.
Susu kental manis vanilla 30 kaleng :
Rp. 200.000
3.
Susu kental manis coklat 10 kaleng : Rp. 75.000
4.
Bubuk Vanilla :
Rp. 20.000
5.
Cream cheese :
Rp. 75.000
6.
Keju
cheddar : Rp. 20.000
7.
Keju parmesan :
Rp. 40.000
8.
Coklat bubuk :
Rp. 20.000
9.
Selai strawberry :
Rp. 20.000
10. Susu
cair rasa strawberry : Rp. 50.000
11. Selai
blueberry :
Rp. 20.000
Total : Rp. 570.000
C.
Biaya
Peralatan :
1.
Plastik :
Rp. 15.000
2.
Kardus :
Rp. 25.000
3.
Box kayu : Rp. 100.000
Total : Rp. 140.000
4.3 Total Cost
Fix
Cost + Variable Cost
Rp. 900.000 + (Rp. 390.000 + Rp. 570.000 + Rp. 140.000)
Rp. 900.000 + Rp. 1.100.000 = Rp. 2.000.000
4.4 Daftar Harga
Pie
susu original per box (isi 12) :
Rp. 40.000
Pie
susu original satuan :
Rp. 4000
Pie
susu aneka rasa per box (isi 12) : Rp. 65.000
Pie
susu aneka rasa satuan :
Rp. 6000
4.5 Pendapatan
Target
penjualan pie susu
per hari adalah 10
box original dan 5 box aneka rasa,
waktu berjualan Senin
– Jumat, berarti
dalam sebulan menghabiskan 200 box original dan 100 box aneka rasa.
Pendapatan Harian : Rp. 40.000 X 10 box =
Rp. 400.000
: Rp. 65.000
X 5 box = Rp. 325.000
Total = Rp. 725.000
Pendapatan Bulanan : Rp. 400.000 X 20 hari =
Rp. 8.000.000
: Rp. 325.000
X 20 hari = Rp. 6.500.000
Total = Rp. 14.500.000
4.6 Penghitungan Harga
Harga Pokok = Rp. 1.100.000
Hpp Per Porsi Rp. 1.100.000/300 = Rp. 3.666 ~ = Rp. 4000
Laba
yang diinginkan Rp. 10.000 – Rp. 4000 = Rp. 6000
BAB
V
PENUTUP
Kesimpulan
Menurut saya, usaha ini sangat menguntungkan
dan akan berhasil. Saya
sadari bahwa keberhasilan tidak dapat diraih dengan mudah, untuk itu saya akan terus berusaha untuk
mengambangkan usaha ini. Saya
juga yakin usaha ini akan sangat berkembang di kemudian hari karena dirintis
oleh orang-orang berkualitas yang kreatif dan penuh inovasi.
No comments:
Post a Comment